PROPOSAL MAGANG
PT BPR PURIDANA ARTHAMAS
JL GAJAH MADA NO.55 SIDOARJO
Penyusun :
Nama : Nurma Marcia Luthfiana
NIM : 13031083
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI NEGARA/PUBLIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA
2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah Swt atas
segala rahmat hidayah dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
magang yang dilaksanakan di Kantor Pusat PT BPR Puridana Arthamas sebagai
persyaratan mutlak untuk kelulusan pendidkan Strata I Prodi Ilmu Administrasi
Negara,Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya.
Tujuan magang ini adalah untuk menambah wawasan, pengalaman
dan pemahaman, serta untuk memberi gambaran pada penulis mengenai aplikasi
teori yang didapat diperkuliahan kedalam dunia yang sesungguhnya. Penulis jadi
tau baagaimana cara kerja, aturan dan tatakrama dalam kerja tersebut.
Selama 4 minggu kegiatan magang penulis berkesempatan melakukan pekerjaan dan
pengamatan serta mengambil bagian dalam beberapa aktifitas di Kantor Pusat PT
BPR Puridana Arthamas.
Penulis juga menyadari bahwa dalam penulisan laporan Magang
ini masih terdapat kekurangan-kekurangan, maka dengan segala kerendahan hati
penulis menerima kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.
Akhir kata penulis berharap agar upaya ini dapat mencapai
maksud yang diinginkan dan dapat menjadi tulisan yang berguna bagi semua pihak.
Sidoarjo, … April 2016
(Nurma Marcia Luthfiana)
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Magang
Program
kerja praktek magang merupakan kegiatan akademik intrakulikuler menjadi salah
satu alternatif mahasiswa untuk dapat mengenal lebih jauh dunia kerja karena
dengan magang mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku
kuliah ke dunia kerja dan mendapat ilmu dan pengalaman baru dalam dunia kerja
yang nantinya diharapkan akan sangat bermanfaat saat mahasiswa lulus dan
bekerja.
Adanya
mengikuti magang diharapkan mahasiswa, dalam hal ini saya pribadi, dapat
mengetahui secara nyata dan gamblang mengenai dunia kerja yang sebenarnya serta
mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ilmu yang tidak didapatkan di dalam kelas
sebelum mahasiswa benar-benar terjun dalam dunia kerja yang nyata sesungguhnya.
Maka dari itu akan terbentuk kedisiplinan, etos kerja yang matang, kejujuran
dan tanggung jawab dalam diri mahasiswa.
Menimbang
hal tersebut serta berdasar himbauan dari Program Strata Satu Universitas
Bhayangkara Surabaya jurusan Administrasi Publik, maka saya selaku pelaksana,
mahasiswi, termotivasi untuk melaksanakan praktek magang di PT BPR Puridana
Arthamas. Kami beranggapan bahwa kami memilih dan mengikuti praktek kerja
magang ini kami dapat menjadi sumber daya manusia yang handal dan profesional.
1.2 RUANG LINGKUP
Dalam peran serta
untuk menciptakan sumber daya manusia terdidi
k yang siap pakai, Universitas Bhyangkara Surabaya sebagai lembaga pendidikan dapat melahirkan
alumni-alumni yang mampu berkompetisi dengan memperaktekan ilmu dan
keterampilan yang dimilikinya ke dunia kerja nyata.
Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka Bhayangkara Surabaya khususnya
Fakultas Ilmu
Administrasi Publik membuat suatu program yang dinamakan program praktek
kerja lapangan /
Magang yang merupakan langkah awal sebagai alat perkenalan
mahasiswa pada dunia kerja nyata. Sehingga para mahasiswa/i tidak akan merasa
canggung lagi jika bekerja nantinya, juga dapat meningkatkan kemampuan,
keterampilan, tanggung jawab dan profesionalisme dalam pekerjaan.
Ruang lingkup praktek kerja lapangan merupakan suatu
bentuk batasan bidang bagi penulis dalam melakukan kegiatan penulisan laporan
praktek kerja lapangan, agar penulis dapat memusatkan pikiran serta dapat
menjelaskan bagian-bagian kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan praktek
kerja lapangan itu sendiri. Dalam hal ini, ruang lingkupnya sebagai jurnalis
untuk penerapan tugas dan fungsinya di PT
BPR PURIDANA ARTHAMAS.
Posisi kerja di PT BPR PURIDANA ARTHAMAS berbeda-beda, sesuai dengan sturktur
organisasi yang dimikinya. Mulai dari
posisi di bidang keuangan, marketing, kredit, tabungan deposito,SID, hingga
personalia umum. Tentunya, sesuai dengan
bidang dan jurusan pada kuliah yang penulis ambil, yaitu Ilmu Administrasi Publik, penulis
mengambil posisi praktek kerja
di bagian pelayanan nasabah.
Dibagian ini, penulis ditugaskan untuk melayani kebutuhan nasabah di dalam perbankanan yaitu,
menjelaskan, mencatat, mengumpulkan data dari nasabah.
1.3 Maksud
dan Tujuan Magang
Secara umum manfaat kegiatan magang ini adalah untuk menghasilkan praktisi
yang kompeten, berpengetahuan luas, serta berpengalaman dalam bidang pelayanan
publik sehingga dapat menguasai berbagai ilmu yang telah didapat dari proses
magang tersebut.
Sedangkan secara umum magang ini dilaksanakan dengan tujuan untuk
memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk memahami berbagai penerapan berbagai
aplikasi perbankan, jasa-jasa dan produk yang ditawarkan, pengaruh perbankan
terhadap masyarakat sekitar, dan penerapan teori-teori pelayanan public yang
telah dimiliki oleh mahasiswa di dunia perbankan dan pelayanan yang sesungghunya.
1.4 Mamfaat
Magang
Adapun manfaat magang antara lain :
1.4.1
Bagi
Mahasiswa
2.Meningkatkan
tanggung jawab serta kedisiplinan mahasiswa untuk menghadapi persaingan . dalam
dunia kerja nantinya.
3.Menjadi
tolak ukur kemampuan diri serta ilmu pengetahuan yang telah dimiliki.
4.Melatih
kemampuan mahasiswa dalam menghadapi situasi dan kondisi dalm dunia kerja yang
berbeda antara teori dan praktek.
5.Mendapatkan
pengalaman baru dalam mengenal dunia kerja sehingga dari pelaksanaan magang
tersebut mahasiswa bisa mengaplikasikannya ke dalam dunia kerja.
6.Menciptakan
suasana semangat kerja sejak dini. Hal ini akan membentuk etos kerja dalam
kepribadian mahasiswa.
7.Memupuk attitude yang baik ke semua pihak.
1.4.2 Bagi
Universitas Bhayangkara Surabaya
1.Dapat
mencetak generasi yang handal dan profesional yang bisa menambah kualitas
mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya.
2.Menambah
wawasan dan pengalaman mahasiswa yang nantinya bisa diterapkan dalam dunia
kampus, yang akan membawa dampak positif bagi Universitas Bhayangkara Surabaya
agar menjadi sumber daya manusia yang ulet, disiplin dan bertanggung jawab .
3.Dapat
menambah relasi antara Universitas Bhayangkara Surabaya dengan pihak instansi
atau perusahaan terkait. Hal ini akan membawa dampak positif bagi Universitas
Bhayangkara Surabaya dalam meningkatkan citranya.
4.Sebagai
tolak ukur bagi Universitas Bhayangkara Surabaya dalam menghadapi persaingan
dengan universitas lain sehingga dapat meningkatkan performa Universitas
Bhayangkara Surabaya di masa yang akan datang.
5.Memberikan
kepercayaan bagi instansi atau perusahaan lain untuk mahasiswa Universitas
Bhayangkara Surabaya mendapatkan peluang kerja di instansi atau perusahaan lain
tersebut.
1.4.3.
Mamfaat
Magang bagi Perusahaan
2.Adanya
kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia industri/ perusahaan sehingga
perusahaan tersebut dikenal oleh kalangan akademis.
3.Adanya
kritikan-kritikan yang membangun dari mahasiswa-mahasiswa yang melakukan
Praktek Magang.
4.Perusahaan
akan mendapat bantuan tenaga dari mahasiswa- mahasiswa yan melakukan praktek.
5.Adanya
orang yang mengaudit perusahaan tanpa mengeluarkan biaya dengan adanya laporan-laporan
magang yang diberikan kepada perusahaan.
1.5
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Magang
2.Waktu pelaksanaan
Waktu pelaksanaan magang dilaksanakan selama 1 bulan dari Tanggal
1 April 2016 – 1 Mei 2016.
3.Tempat pelaksanaan
PT. BPR Puridana Arthamas, Jl. Gajah Mada No 55 Sidoarjo
4.Waktu dan hari Kerja
Hari senin – jumat
pukul 08.00-16.00 WIB.
BAB II
GAMBARAN
UMUM
PT BPR
PURIDANA ARTHAMAS
2.1
Sejarah Singkat PT BPR “PURIDANA
ARTHAMAS”
PT
BPR “PURIDANA ARTHAMAS” sebelumnya beralamatkan di Jl HRM Mangundiprojo No 73
Buduran, bulan Juli tahun 2013 pindah ke alamat Jl Gajah Mada No 55 Sidoarjo.
PT ‘BPR PURIDANA ARTHAMAS merupakan salah satu Bank Perkreditan Rakyat yang
didirikan pada tanggal 30 Juni 1996 dan
diresmikan oleh pimpinan Bank Indonesia Surabaya. PT.BPR “PURIDANA ARTHAMAS”
Berkedudukan di Sidoarjo didirikan dengan Akte Notaris Eko Handoko,SH.MHum di
Malang, Nomor 231, tanggal 21 April 1997 .
Anggaran
dasar PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS” telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan HAM
pada tanggal 17 April 2007 dengan surat
penetapan nomor W10-00436 HT 01.04, tahun 2007. PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS”
telah mendapat surat izin usaha dari Menteri Keuangan Republik Indonesia
nomor tanggal dan mulai menjalankan Aktivitas usahanya pada
tanggal 30 Juni 1996 .
Sebagai
salah satu Bank yang dilahirkan pada era persaingan yang sangat ketat, maka
tujuan utama dari kegiatan PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS” adalah turut menjaga
kesinambungan dan peningkatan pembangunan melalui peningkatan mobilisasi dana
masyarakat melalui penghimpunan dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan
deposito berjangka serta menyalurkan kembali dana tersebut dalam bentuk
pemberian kredit atau pinjaman kepada kegiatan yang mendukung perkembangan
ekonomi dan meningkatkan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada lapisan
masyarakat pengguna jasa Bank khususnya masyarakat menengah kebawah.
Selain
itu agar tujuan dapat dicapai dengan baik PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS” juga
mengutamakan untuk mengembangkan sumber daya manusia di PT BPR “ PURIDANA ARTHAMAS”
melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan para karyawan atau karyawati
secara tetap dan teratur.
Untuk mencapai berbagai tujuan PT BPR
“PURIDANA ARTHAMAS” tersebut dengan sebaik-baiknya pada saat ini PT BPR
“PURIDANA ARTHAMAS” telah ditunjang dengan :
2.1.1
Keterangan singkat Perusahaan.
Nama :
PT.BPR ”PURIDANA ARTHAMAS”
Alamat :
Jl.Gajah Mada No.55 Sidoarjo
Telepon : 031-8921387
Faximile :
031-8921405
Izin Usaha : S.K Menteri Keuangan Republik Indonesia
No. KEP - 144/KM.17/1992
Tanggal 30 Nopember 1992
Mulai Operasi : 30 Juni 1996
Aktivitas : Bank Perkreditan Rakyat
A. Modal
Berdasarkan Akte Notaris no. 68 ,
tanggal 28-10-2013
Modal dasar : Rp. 15.000.000.000,-
Modal Disetor : Rp. 5.000.000.000,-
B. Kantor
PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS” memiliki 6
Kantor, yang terdiri dari
1. Kantor Pusat yang beralamatkan di
Jl.Gajah Mada No 55 Sidoarjo.
2. Kantor Cabang yang beralamatkan di Jl
Wachid Hasyim No 19 A Jombang
3. Kantor Kas yang beralamatkan di Jl
Raya Kemantren No 15 RT 06 /02 Tulangan
4. Kantor Kas yang beralamatkan di Jl
Raya Prambon Sidoarjo
5. Kantro Kas yang beralamatkan di Jl
Raya Tropodo No 49 C Waru Sidoarjo
6. Kantor Kas yang beralamatkan di Jl
Sunandar Priyo Sudarmo B 24 Larangan Sda
a.
Pengurus yang terdiri dari Dewan
Komisaris dan Dewan Direksi dengan susunan dan personalia sebagai berikut :
Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Tuan Doktorandus Bambang Rahardjo
Komisaris : Tuan Hendratno
Dewan Direksi
Direktur Utama : Tuan Joko Susanto
Direktur :
Nyonya Afriyanti Lailiyah
Tata kerja dan sistem komputerisasi di kantor
Sidoarjo untuk mendukung kegiatan operasionalnya.
3)
Pada saat ini PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS”
memiliki 120 orang karyawan
4)
Jam kerja perusahaan yang lamanya
40 jam seminggu di atur sebagai berikut :
n Jam
kerja biasa 6 (Enam) hari dalam 1 minggu :
Ø Hari
Senin s/d Jum'at : 08.00 – 16.00 wib
Istirahat selama 1 (Satu) jam
Ø Hari
Sabtu : 08.00 – 13.00 wib
Istirahat selama ½ jam
n Jam
kerja Khusus
Perusahaan akan menjadwal jam kerja
khusus sebelum atau sesudah jam kerja biasa untuk divisi-divisi yang memerlukan
operasi atau pelayanan sesuai dengan kebutuhan.
5)
Kegiatan Usaha BPR ( Produk & Jasa
BPR )
Sesuai dengan surat izin tersebut
diatas, usaha PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS” adalah bergerak di bidang Jasa
Perbankan.
Maksudnya yaitu, dengan menampung dana
masyarakat melalui tabungan atau deposito dan menyalurkannya kembali kepada
masyarakat melalui pemberian pinjaman kepada kegiatan yang mendukung
perkembangan ekonomi dan meningkatkan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada
berbagai lapisan masyarakat pengguna jasa Bank khususnya masyarakat menengah
kebawah.
2.1.2
Jenis Produk :
n Tabungan
Arthamas ( Bunga Harian ) dengan suku bunga 6 % per tahun untuk saat ini
n Deposito
Berjangka ( Bunga Harian ) dengan suku bunga saat ini :
Ø Jangka
waktu 1 bulan : 8 % per tahun
Ø Jangka
waktu 3 bulan : 9 % per tahun
Ø Jangka
waktu 6 bulan : 9 % per tahun
n Pinjaman
( Kredit ) ada 2 (Dua) Sistem :
Ø Sistem
Flat ( Angsuran ) dengan suku bunga 1.8% - 2% per bulan
Ø Sistem
Regular ( Bunga ) dengan suku bunga 2,5% - 3 % per bulan
2.2.
TUJUAN
PT BPR “PURIDANA ARTHAMAS”
Ada 2 (Dua) tujuan, sebagai berikut :
a.
Tujuan jangka pendek.
- Mampu membawa perusahaan dalam
menghadapi persaingan antar BPR.
- Mampu membawa perusahaan meraih asset
dan profit perusahaan yang lebih
besar.
- Mampu mengatasi tingkat persaingan
antar BPR yang ada.
- Mampu untuk terus meningkatkan asset
dan profit perusahaan.
- Mampu meningkatkan kualitas SDM
diiringi peningkatan kesejahteraan.
- Mampu mensejahterakan karyawan.
b.
Tujuan jangka panjang.
- Mampu mencapai asset dan memberikan
profit yang lebih besar.
- Mempunyai kinerja SDM yang yang mampu
disejajarkan untuk bersaing menghadapi kompetitor yang semakin banyak.
- Mempunyai market share yang lebih
luas.
- Mampu menghadapi tantangan ekonomi
global dan memberikan service yang terbaik kepada nasabah.
2.3. Usaha yang Dilakukan BPR
Usaha BPR meliputi usaha untuk menghimpun dan menyalurkan dana dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Keuntungan BPR diperoleh dari spread effect dan pendapatan bunga. Adapun usaha-usaha BPR adalah :
· Menghimpun
dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka, tabungan,
dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.
· Memberikan
kredit.
· Menyediakan
pembiayaan bagi nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan ketentuan
yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah.
· Menempatkan
dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI),
deposito berjangka, sertifikat deposito, dan/atau tabungan pada bank lain. SBI
adalah sertifikat yang ditawarkan Bank Indonesia kepada BPR apabila BPR
mengalami over liquidity atau kelebihan likuiditas.
2.4 Usaha yang Tidak Boleh Dilakukan BPR
Ada beberapa
jenis usaha seperti yang dilakukan bank umum tetapi tidak boleh dilakukan BPR.
Usaha yang tidak boleh dilakukan BPR adalah :
· Melakukan
penyertaan modal dengan prinsip prudent banking dan concern
terhadap layanan kebutuhan masyarakat menengah ke bawah.
· Melakukan
usaha lain di luar kegiatan usaha sebagaimana yang dimaksud dalam usaha BPR.
2.5 Alokasi Kredit BPR
Dalam
mengalokasikan kredit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh BPR,
yaitu:
· Dalam
memberikan kredit, BPR wajib mempunyai keyakinan atas kemampuan dan kesanggupan
debitur untuk
melunasi utangnya sesuai dengan perjanjian.
· Dalam
memberikan kredit, BPR wajib memenuhi ketentuan Bank Indonesia mengenai batas
maksimum pemberian kredit, pemberian jaminan, atau hal lain yang serupa, yang
dapat dilakukan oleh BPR kepada peminjam atau sekelompok peminjam yang terkait,
termasuk kepada perusahaan-perusahaan dalam kelompok yang sama dengan BPR
tersebut. Batas maksimum tersebut adalah tidak melebihi 30% dari modal yang
sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia.
· Dalam
memberikan kredit, BPR wajib memenuhi ketentuan Bank Indonesia mengenai batas
maksimum pemberian kredit, pemberian jaminan, atau hal lain yang serupa, yang
dapat dilakukan oleh BPR kepada pemegang saham (dan keluarga) yang memiliki 10%
atau lebih dari modal disetor, anggota dewan komisaris (dan keluarga), anggota
direksi (dan keluarga), pejabat BPR lainnya, serta perusahaan-perusahaan yang
di dalamnya terdapat kepentingan pihak pemegang saham (dan keluarga) yang
memiliki 10% atau lebih dari modal disetor, anggota dewan komisaris (dan
keluarga), anggota direksi (dan keluarga), pejabat BPR lainnya. Batas maksimum tersebut
tidak melebihi 10% dari modal yang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Bank
Indonesia.
2.3 Struktur
Organisasi
|
|
|
|
|
BAB III
URAIAN KEGIATAN MAGANG
3.1. Jenis dan Bentuk
Kegiatan Magang
Jenis dan Bentuk Praktek kerja
lapangan merupakan suatu kesempatan di mana mahasiswa dapat mengenal dunia
pekerjaan.Mahasiswa yang menjalani Praktek Kerja Lapangan tentunya diberi
kesempatan untuk dapat melakukan pekerjaan di berbagai bidang yang terdapat di
Bank Puridana Arthamas, namun tidak semua bidang pekerjaan pula yang dapat
dilakukan oleh mahasiswa, dikarenakan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki
oleh mahasiswa dan vitalnya bidang pekerjaan tersebut.
Berikut ini beberapa bidang pekerjaan dan uraian tugas secara umum yang
dapat dilakukan oleh mahasiswa selama Praktek Kerja Lapangan (PKL):
A.
Accounting & Control Officer – Reporting:
a. Menginput
SID (Sistem Informasi Debitur); pada bidang pekerjaan ini mahasiswa diberi
kesempatan untuk dapat mengenal SID, yang mana SID berisi informasi prestasi
nasabah dalam kelancaran pembayaran angsuran pembiayaan di seluruh bank.
B.
Financing Dokumen:
a. Menyusun
kelengkapan persyaratan nasabah yang mengajukan permohonan kredit, tabungan dan
deposito.
b.Mengklasifikasikan dokumen – dokumen
yang sudah diterima ke dalam bentuk arsip dan dokumen pokok
c. Meregister
rincian pembiayaan nasabah ke Buku Register Pembiayaan
d.
Menginput nomor – nomor dokumen nasabah ke dalam file
Struktur Dokumen, seperti KTP, KK, Surat Nikah, BPKB nomor Sertifikat, IMB,
APHT, SKMHT, AJB dan lain- lain
e. Menginput
data nasabah peserta asuransi
f. Menghitung
Bunga dan pajak harian nasabah tabungan dan deposito.
C.
Costumer Service:
a. Mengisi
formulir permohonan pembukaan rekening tabungan, deposito dan penegajuan kredit
nasabah PT. BPR Puridana Arthamas.
D.
Teller:
a. Mengisi
data nasabah yang melakukan penarikan uang melalui transaksi kredit, angsuran, tabungan,
deposito Cek dan Bilyet Giro sesuai KTP.
3.2.1. URAIAN MAGANG
Adapun uraian
magang yang saya lakukan adalah
A. Kredit :
|
|
|
|
|
1.Melakukan wawancara kepada nasabah
untuk pengajuan kredit
2.Melakukan verivikasi berkas nasabah berupa
Foto Copy KTP,KK , STNK, SIM, Surat Nikah, BPKB/ SERTIFIKAT.
3.Melakukan pengecekan atau surve
kendaraan yang di jaminkan.
4.Melakukan pengecekan kelengkapan
berkas di Kepala Bagian Kredit untuk persetujuan.
5.Melakukan entry data nasabah ke
dalam program PGBS.
6.Mencetak data nasabah untuk di
bacakan dan di tanda tangani oleh nasabah dan pihak bank.
7.Membacakan perjanjian kredit kepada
nasabah dan penanda tanganan berkas oleh nasabah dan pihak bank sebagai bukti
persetujuan kredit nasabah.
B. Deposito
|
|
|
|
|
1.
Menerangkan tentang deposito ke nasabah.
2.
Mengumpulkan serta verifikasi data dan berkas nasabah
meliputi KTP, dan KK
3.
Melakuan entry data deposito ke dalam program BPGS.
4.
Nasabah melakukan penyetoran dana deposito yang di
sepakati ke kasir.
5.
Petugas melakukan permohonan bilyet deposito ke pada
direksi.
6.
Petugas melakukan pencetak bilyet deposito
7.
Nasabah menandatangani bilyet deposito serta aplikasi
yang lain nya.
8.
Penyerahan bilyet deposito kepada nasabah.
C. Tabungan
·
|
|
|
|
|
1.
Menerangkan tentang tabungan ke nasabah.
2.
Mengumpulkan serta verifikasi data dan berkas nasabah
meliputi KTP, dan KK
3.
Melakuan entry data tabungan ke dalam program BPGS.
4.
Membuat bukti setor tabungan.
5.
Nasabah melakukan penyetoran dana tabungan yang di
sepakati ke kasir.
6.
Petugas melakukan permohonan pembukaan tabungan ke pada direksi.
7.
Petugas melakukan pencetak buku tabungan.
8.
Nasabah menandatangani buku tabungan serta aplikasi yang lain nya.
9.
Penyerahan buku tabungan kepada nasabah.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Praktek Kerja
Lapangan merupakan suatu kegiatan mahasiswa yang berlangsung di dunia kerja dan
merupakan bentuk aplikasi penyelenggaraan pendidikan profesional yang memadukan
secara sistematis antara program pendidikan dengan program keahlian yang
diperoleh langsung melalui dunia kerja, sehingga terarah dan dapat mencapai
tingkat keahlian profesional tertentu. Adapun kesimpulan yang dapat diambil
oleh penulis selama melaksanakan MAGANG
pada PT. BPR PURIDANA ARTHAMAS adalah sebagai berikut:
Melihat
perkembangan perekonomian yang semakin
pesat sekarang ini, lembaga keuangan Bank dan Non Bank merupakan lembaga yang
paling berperan dalam mendorong pelaksanaan perekonomian yang berbasis keuangan.
Setiap lembaga keuangan bank dan non bank berlomba – lomba untuk menciptakan
unit usaha bahkan ada pula unit usaha syari’ah yang Bank BPR Puridana Arthamas pun
dalam perkembangannya sudah memiliki banyak produk yang dijalankan sesuai
dengan bidang nya, dan menawarkan berbagai fasilitas yang menguntungkan bagi
masyarakat. Dan dilihat dari segi pemasaran PT. BPR PURIDANA
ARTHAMAS juga berhasil menarik minat masyarakat
untuk dapat bersaing di tengah kehidupan masyarakat yang cenderung konsumtif.
PT. BPR
PURIDANA ARTHAMAS sendiri memiliki budaya dan etos kerja yang tinggi dengan
berpedoman pada semboyan KEPERCAYAAN ANDA MENSEJAHTERKAN BERSAMA, yang mana
semboyan tersebut memiliki makna yang benar – benar berpengaruh terhadap
kinerja para karyawan PT. BPR PURIDANA ARTHAMAS. selama manjalani MAGANG,
penulis tidak hanya sekedar mengetahui semboyan tersebut tetapi juga berusaha
mengamalkannya, sehingga penulis juga memperoleh banyak pengalaman dan
pelajaran yang berharga.
Asslamualaikum Wr Wb
BalasHapusMemperkenalkan saya Ibnu Masud, S.Ag (50 tahun) tinggal di Perumtas 3 blok O4 ds.
Saat ini saya bekerja sebagai guru di sekolah menengah dan menengah termasuk sekolah asrama Islam di area Item, Inggris dan Arab.
Saya selalu bermimpi memiliki rumah sejak 10 tahun yang lalu (2007) tetapi tidak pernah mencapainya, sejak ini. Itu karena gaji sebagai guru tidak pernah cukup untuk membeli rumah baik secara kredit / hipotek atau uang tunai.
Beban hidup semakin berat dengan harga makanan pokok dan berdampak pada biaya hidup keluarga saya dengan 3 anak dan 1 istri. Ketika anak pertama saya memasuki pondok pesantren tahfidz di Cipondoh, biaya pastinya meningkat. Meskipun saya telah mencoba membuka usaha dengan istri saya, saya mulai menjual bakso, pempek dan es cappucion kepada kriuk. Tetapi semua hasil belum mampu menutupi impian saya untuk membeli rumah. Jadi, doa saya setiap saat dalam keheningan agar kebaikan saya dapat membuka masalah orang-orang kapan saja dengan percaya pada kebaikan dapat menjawab harapan saya dan keluarga saya.
Tuhan menggunakan ibu emiliana yang baik hati untuk menjawab doa-doa saya dan impian saya menjadi kenyataan. Adik perempuan saya Y Sigit Wijatmaka mengarahkan saya ke ibu emiliana. Dia juga mendapat pinjaman dari ibu emiliana. Anda dapat menghubungi email kakak saya: swijatmaka02@gmail.com
dan ini email saya: ibnumasud0646@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan emiliana ibu
Saya sangat senang mendapat pinjaman. Saya memulai konstruksi bulan ini. Saya juga memberi istri saya sejumlah uang untuk memulai bisnis. Saya mendapat pinjaman 1 miliar. mother emiliana adalah satu-satunya Pemberi Pinjaman online asli dari sebuah organisasi internasional yang saya kenal. Banyak yang lain palsu. Saya ingin memberi tahu orang-orang yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com
Wassalamualaikum Wr. Wb
Kabar baik!!!
BalasHapusNama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.
Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Email saya: teddydouble334@yahoo.com