Rabu, 25 September 2013

MENGAPA BANYAK PENDUDUK INDONESIA YANG MISKIN?




Nama          : Nurma Marcia Luthfiana
Jurusan      : Administrasi Negara
Kelas          : Pagi
NIM             : 131031083
Tugas ekonomi :
1.      Mengapa masih banyak rakyat Indonesia yang miskin?
2.       Pendapatan perkapita Jepang dan Indonesia.
Jawaban :
1.       Rakyat Indonesia banyak yang masih miskin  di karenakan, tidak meratanya pembangunan yang terjadi di Indonesia. Yang di sebabkan karena berbagai hal, di antaranya Indonesia merupakan egara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, dan juga Indonesia mempunyai bentang alam yang berbeda- beda sehingga pembangunan di berbagai daerah di Indonesia belum maksimal.
Selain itu karena memang keadaan perekonomian di Indonesia yang masih menuju tahap pra-modern, masih banyak rakyat yang mengandalkan pertanian yang tradisional yang hasilnya tidak bisa maksimal dalam perolehan hasil.
Dan juga kurangnya  kualitas sumber daya manusia, sehingga potensi yang dimiliki alam Indonesia tidak bisa secara maksimal di mamfaatkan.
Dalam hal ekonomi mungkin Indonesia masuk kategori maju, tapi dalam SDM negara kita masih sangat jauh mencapai kata "Maju". Tingkat pendidikan di negara kita masih sangat minim, karena dari data penduduk buta aksara sj masih banyak, sedang orang yang putus sekolah, SD, SMP, masih melimpah. Tidak majunya negara kita karena APBN yang tidak Terkontrol dan Tepat dalam program pendidikan.
Di negara maju, pendidikan wajib udah mencapai S1 dan rata-rata untuk biaya pendidikan di tanggung negara. Jepang merupakan negara paling maju di Bagian timur, tanpa Sumber Daya Alam ia bisa menciptakan negara yang mampu menyaingi Amerika dalam hal Persenjataan. Bayangkan sj, Strata 1 (S1) di Malaysia sama dengan Strata 2 (S2) di negara kita. Ini berarti negara kita hanya butuh Pendidikan dan Peningkatan Manusianya saja, untuk perekonomian dapat di kembangkan setelah rakyat dapat mengelola devisa negara tanpa menghabiskan SDA seperti sekarang ini. Yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia yang miskin. 

2.       Pendapatan perkapita Jepang :  35.143 dollar AS
Pendapatan perkapita Indonesia : 4.000 dollar AS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar